Pendaftaran Diploma IV Teknik Sipil

Category : Pendaftaran Mahasiswa Baru
Pendaftaran Diploma IV Teknik Sipilby Sarip Ali Muksanon.Pendaftaran Diploma IV Teknik SipilProgram Diploma IV (Sarjana Sains Terapan) Teknik Sipil – FTSP Pengantar Berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan Program Diploma IV (SK Mendikbud Nomor 382/E/O/2012 tanggal 9 Nopember 2012), sejak tahun akademik 2013/2014 Program Diploma Teknik Sipil (PDTS) menerima mahasiswa baru Program Diploma IV melalui Seleksi Masuk ITS (SMITS). Pada tahun akademik 2015/2016 akan diterima 102 mahasiswa baru […]

Pengantar

Berdasarkan Surat Ijin Penyelenggaraan Program Diploma IV (SK Mendikbud Nomor 382/E/O/2012 tanggal 9 Nopember 2012), sejak tahun akademik 2013/2014 Program Diploma Teknik Sipil (PDTS) menerima mahasiswa baru Program Diploma IV melalui Seleksi Masuk ITS (SMITS). Pada tahun akademik 2015/2016 akan diterima 102 mahasiswa baru (Reguler dan Mandiri).

Sesuai dengan Perpres No. 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan Surat Edaran Mendikbud No. 498/E/T/2011 bahwa lulusan program D-IV setara dengan lulusan S1, dengan beban kredit minimal 144 SKS dan ditempuh dalam waktu 4 (empat) tahun. Bila program S-1 (Sarjana) merupakan program pendidikan akademik dan berorientasi pada pengembangan keilmuan dan penelitian, maka program D-IV merupakan program vokasi (terapan) yang bersifat lebih kearah aplikasi/penerapan prinsip-prinsip keilmuan untuk keperluan praktis dan dengan tujuan utama agar lulusan yang dihasilkan siap kerja.

Kurikulum

Program pendidikan D-IV terdiri dari 60% jam untuk kegiatan yang bersifat teori (kuliah) dan 40% jam untuk kegiatan praktek (seperti responsi, asistensi, praktikum, magang kerja dan pengerjaan tugas). Kurikulum ini sangat sesuai untuk lulusan SMA/MA/SMK yang lebih menyukai hal-hal yang bersifat aplikasi/terapan dan ingin mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Kurikulum Program D-IV Teknik Sipil pada semester 1 s.d 5 berisi mata kuliah Teknik Sipil yang bersifat umum (general) dan pada semester 6 mahasiswa akan diberikan kebebasan untuk menentukan konsentrasi (spesialisasi) bidang studinya. Bidang studi yang ditawarkan adalah sebagai berikut.

  • BANGUNAN KEAIRAN (Ahli Pantai, Ahli Pengembangan Sumber Daya Air, Ahli Pengelolaan Air Perkotaan dan Ahli Manajemen Proyek)
  • BANGUNAN TRANSPORTASI (Ahli Jalan Raya/Lalu Lintas, Ahli Pelabuhan, Ahli Jembatan dan Ahli Manajemen Proyek)
  • BANGUNAN GEDUNG (Ahli Struktur, Ahli Material Bangunan dan Ahli Manajemen Proyek)

Selain kemampuan akademis dan teknis, mahasiswa D-IV Teknik Sipil akan dibekali juga dengan kemampuan berkomunikasi efektif melalui media lisan dan tulisan, serta kemampuan berorganisasi dan soft skill lainnya, seperti Kemampuan Berbahasa Asing; mendayagunakan Teknologi Informasi; Pengetahuan Etika & Tanggung-jawab Profesi; Kepribadian Berintegritas Tinggi; Technopreneur; Kepemimpinan serta Kerjasama Dalam Tim. Lulusan D-IV Teknik Sipil juga dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S2 dan S3).

Sistem Pendaftaran

Sistem penerimaan calon mahasiswa baru  ITS tahun akademik 2015/2016 untuk Program Diploma IV (Program D-IV) dilakukan melalui 2 (dua) macam seleksi yakni :

  1.  Seleksi Program D-IV Teknik Sipil Reguler
  2.  Seleksi Program D-IV Teknik Sipil Mandiri

Kuota penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Program D-IV Teknik Sipil Reguler sebesar 80 persen dan Seleksi Program D-IV Teknik Sipil Mandiri sebesar 20 persen.

Pendaftar yang dinyatakan tidak diterima pada seleksi Program D-IV Teknik Sipil Reguler, dapat mendaftar dan mengikuti kembali seleksi Program D-IV Teknik Sipil Mandiri.

Seleksi Program D-IV Teknik Sipil Reguler

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran Program Diploma IV Reguler dilaksanakan secara online melalui website Seleksi Masuk ITS (SMITS) http://smits.its.ac.id dengan tata cara sbb.:

  1. Calon peserta membayar biaya ujian  sebesar  Rp. 500.000,00 mulai tanggal 12 Mei s.d. 23 Juni 2015 (paling lambat pukul  12.00 WIB) melalui teller Bank BNI, Bank BRI, BANK Mandiri, dan Bank BTN di seluruh Indonesia (PERHATIAN: Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun). Pendaftaran secara online ditutup  pada  tanggal  23 Juni 2015  pukul 18.00 WIB.
  2. Pada saat melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan kode “12” diikuti tanggal lahir dengan format yyyymmdd (4 digit tahun lahir, 2 digit bulan lahir, dan 2 digit tanggal lahir). Contoh: jika calon peserta lahir pada tanggal 16 April 1994 maka tulislah “1219940416” pada saat melakukan pembayaran.
  3. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Kode Akses Pendaftaran (KAP) sepanjang 8 karakter, dan (b) PIN Pendaftaran sepanjang 16 karakter.
    PERHATIAN: KAP dan PIN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja.  Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  4. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat http://smits.its.ac.id dan memilih menu Pendaftaran Online » Diploma IV Teknik Sipil Reguler. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. Bukti pembayaran.
    2. File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
  5. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan KAP dan PIN yang tercantum dalam bukti pembayaran.
  6. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS.
  7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  8. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Program Diploma IV Teknik Sipil. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian. Calon peserta telah resmi dinyatakan sebagai peserta ujian.

Panduan Pembayaran Melalui ATM BNI

    1. Masukkan kartu ATM BNI anda
    2. Ketik nomor PIN anda
    3. Tekan menu lainnya
    4. Tekan lajur pembayaran
    5. Tekan menu berikutnya
    6. Tekan lajur Universitas
    7. Tekan lajur Tagihan Student Payment Center (SPC)
    8. Ketik kode Universitas: 800312 + tanggal lahir dengan format yyyymmdd (4 digit tahun lahir, 2 digit bulan lahir, dan 2 digit tanggal lahir).

Contoh:
Tanggal Lahir : 5 Agustus 1995
Maka kode pendaftarannya adalah : 80031219950805

Pelaksanaan Ujian Tulis

PELAKSANAAN UJIAN

Hari/Tanggal : Kamis, 25 Juni 2015
Tempat : Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111
Materi :
  1. Matematika (40 soal)
  2. Fisika (40 soal)
  3. Bahasa Inggris (20 soal)
Jadwal :
07.30 – 08.00 WIB : Pengisian data identitas
08.00 – 10.00 WIB : Pelaksanaan ujian

(Detil lokasi ujian akan diberitahukan pada saat pendaftaran on-line di kartu peserta ujian)

SYARAT KELENGKAPAN PESERTA UJIAN

  1. Membawa bukti cetak Kartu Tanda Peserta Ujian Masuk
  2. Membawa dan menyerahkan satu lembar fotokopi Ijazah SMA/MA/SMK yang telah dilegalisasi.
  3. Membawa ballpoint, pensil 2B, alat peraut dan penghapus.

Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi diumumkan pada tanggal 9 Juli 2015 di papan pengumuman Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) dan di Website Seleksi Masuk ITS (SMITS) http://smits.its.ac.id

Pendaftaran Ulang

Peserta yang dinyatakan lulus ujian masuk diwajibkan mendaftar ulang di sekretariat Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) ITS pada:

Hari, Tanggal : 28 – 31 Juli 2015
Waktu : Pukul 08.00 WIB s.d. 16.00 WIB

Jadwal Penting

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran 12 Mei – 23 Juni 2015
Pelaksanaan ujian tertulis 25 Juni 2015
Pengumuman hasil ujian tertulis 9 Juli 2015
Pembayaran biaya pendidikan dan pendaftaran ulang 28 – 31 Juli 2015
Awal Perkuliahan 7 September 2015

Seleksi Program D-IV Teknik Sipil Mandiri

Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Program D-IV Teknik Sipil Mandiri TIDAK memerlukan ujian tulis. Seleksi Program D-IV Teknik Sipil Mandiri akan didasarkan pada nilai/skor yang diperoleh dalam ujian Program D-IV Teknik Sipil Reguler tahun 2015. Oleh karena itu, setiap calon peserta seleksi Program D-IV Teknik Sipil Mandiri wajib terdaftar di Program D-IV Teknik Sipil Reguler Tahun 2015.

Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran Program D-IV Teknik Sipil Mandiri dilakukan secara on-line melalui website ITS di http://smits.its.ac.id dengan tata cara sbb.:

  1. Calon peserta membayar biaya ujian  sebesar  Rp. 500.000,00 mulai tanggal 9 s.d. 22 Juli 2015 (paling lambat pukul  15.00 WIB) melalui teller Bank BNI, Bank BRI, BANK Mandiri, dan Bank BTN atau melalui ATM Bank BNI di seluruh Indonesia (PERHATIAN: Biaya pendaftaran TIDAK DAPAT ditarik kembali dengan alasan apapun). Pendaftaran secara online ditutup  pada  tanggal  22 Juli 2015  pukul 24.00 WIB.
  2. Pada saat melakukan pembayaran, calon peserta harus memasukkan kode pendaftaran sebagai berikut : 12 + No. Test D-IV Teknik Sipil Reguler tahun 2015 (10 digit tanpa tanda penghubung (-)) + tanggal lahir dengan format yyyymmdd (4 digit tahun lahir, 2 digit bulan lahir, dan 2 digit tanggal lahir).
    Contoh:
    No. Test D-IV Teknik Sipil Reguler : 7150400003
    Tanggal Lahir : 5 Agustus 1995
    Maka kode pendaftarannya adalah : 12715040000319950805
  3. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta akan menerima bukti pembayaran yang berisi: (a) Kode Akses Pendaftaran (KAP) sepanjang 8 karakter, dan (b) PIN Pendaftaran sepanjang 16 karakter.
    PERHATIAN: KAP dan PIN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain dan hanya dapat dipergunakan untuk melakukan pendaftaran online satu kali saja.  Konsekuensi kelalaian menjaga kerahasiaan informasi tersebut sepenuhnya menjadi tanggung jawab calon peserta.
  4. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online (melalui Internet) dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat http://smits.its.ac.id dan memilih menu Pendaftaran Online » Diploma IV Teknik Sipil Reguler. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
    1. Bukti pembayaran.
    2. File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
  5. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan KAP dan PIN yang tercantum dalam bukti pembayaran.
  6. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS.
  7. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  8. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Program Diploma IV Teknik Sipil. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa ketika mengikuti ujian. Calon peserta telah resmi dinyatakan sebagai peserta ujian.

Panduan Pembayaran Melalui ATM BNI

    1. Masukkan kartu ATM BNI anda
    2. Ketik nomor PIN anda
    3. Tekan menu lainnya
    4. Tekan lajur pembayaran
    5. Tekan menu berikutnya
    6. Tekan lajur Universitas
    7. Tekan lajur Tagihan Student Payment Center (SPC)
    8. Ketik kode Universitas: 800312 + No test D-IV Teknik Sipil Reguler tahun 2015 (10 digit tanpa tanda penghubung (-)) + tanggal lahir dengan format yyyymmdd (4 digit tahun lahir, 2 digit bulan lahir, dan 2 digit tanggal lahir).

Contoh:
No. Test D-IV Teknik Sipil Reguler : 7150400003
Tanggal Lahir : 5 Agustus 1995
Maka kode pendaftarannya adalah : 800312715040000319950805

Pengumuman Hasil Seleksi

Hasil seleksi diumumkan pada tanggal 24 Juli 2015 di papan pengumuman Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) dan di Website Seleksi Masuk ITS (SMITS) http://smits.its.ac.id

Pendaftaran Ulang

Peserta yang dinyatakan lulus ujian masuk diwajibkan mendaftar ulang di sekretariat Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) ITS pada:

Hari, Tanggal : 28 – 31 Juli 2015
Waktu : Pukul 08.00 WIB s.d. 16.00 WIB

Biaya Pendidikan

Setelah dinyatakan diterima, calon mahasiswa diwajibkan membayar biaya pendidikan yang meliputi:

Uang Kuliah (UK) Rp. 7.500.000,- per semester
Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) Rp. 25.000.000

SPI dibayarkan satu kali selama kuliah di ITS dan dibayarkan bersama-sama dengan Uang Kuliah (UK) pada saat melakukan pendaftaran ulang melalui Bank BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN.

Jadwal Penting

Kegiatan Tanggal
Pendaftaran 9 – 22 Juli 2015
Pengumuman hasil ujian tertulis 24 Juli 2015
Pembayaran biaya pendidikan dan pendaftaran ulang 28 – 31 Juli 2015
Awal Perkuliahan 7 September 2015

 

Informasi

Sekretariat Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan (BAKP)
Kampus ITS, Sukolilo, Surabaya 60111

Telp. 031 5994251-54
Ext. 1012, 1013
e-mail: baakcare@its.ac.id

Related search

    No internet connection No internet connection

Related Posts