Akreditasi dan Kompetensi DIV

TERAKREDITASI B, SK BAN PT Nomor 467/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-IV/XII/2014

Kesetaraan DIV dan S-1

Sesuai dengan Perpres No. 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan Surat Edaran Mendikbud No. 498/E/T/2011 bahwa lulusan program D-IV setara dengan lulusan S1, dengan beban kredit minimal 144 SKS dan ditempuh dalam waktu 4 (empat) tahun. Bila program S-1 (Sarjana) merupakan program pendidikan akademik dan berorientasi pada pengembangan keilmuan dan penelitian, maka program D-IV merupakan program vokasi (terapan) yang bersifat lebih kearah aplikasi/penerapan prinsip-prinsip keilmuan untuk keperluan praktis dan dengan tujuan utama agar lulusan yang dihasilkan siap kerja.
Selain kemampuan akademis dan teknis, mahasiswa D-IV Teknik Sipil akan dibekali juga dengan kemampuan berkomunikasi efektif melalui media lisan dan tulisan, serta kemampuan berorganisasi dan soft skill lainnya, seperti Kemampuan Berbahasa Asing; mendayagunakan Teknologi Informasi; Pengetahuan Etika & Tanggung-jawab Profesi; Kepribadian Berintegritas Tinggi; Technopreneur; Kepemimpinan serta Kerjasama Dalam Tim. Lulusan D-IV Teknik Sipil juga dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S2 dan S3).

Kompetensi Lulusan dan Jalur Karir

Kompetensi lulusan program D-IV Teknik Sipil adalah sebagai Ahli Teknik Sipil Level 6 sesuai KKNI 2012 dan setara dengan lulusan program S1. Lulusan D-IV Teknik Sipil dapat bekerja sebagai Engineer sesuai dengan pilihan bidang studi dan topik Proyek Akhirnya seperti disajikan sbb:
a) Bangunan Gedung
Structural Engineer (Ahli Struktur)
Concrete Engineer (Ahli Beton)
Maintenance Engineer (Ahli Perawatan Bangunan)
Project Engineer (Ahli Pelaksanaan Proyek)
b) Bangunan Air
Coastal Engineer (Ahli Teknik Pantai)
Water Resource Engineer (Ahli Pengembangan Sumber Daya Air)
Urban Water Management (Ahli Pengelolaan Air Perkotaan)
Project Engineer (Ahli Pelaksanaan Proyek)
c) Bangunan Transportasi
Highway/Traffic Engineer (Ahli Jalan Raya/Lalu Lintas)
Harbour Engineer (Ahli Pelabuhan)
Bridge Engineer (Ahli Jembantan)
Project Engineer (Ahli Pelaksana Proyek)